Minggu, 22 Januari 2017

Uji Kompetensi Bab 7


Uji Kompetensi Bab 7

A

1. Jaringan tumbuhan yang memiliki fungsi mengangkut hasil fotosintesis dari daun dan diedarkan ke seluruh tubuh tumbuhan adalah Floem 

2. Berikut ini yang bukan merupakan fungsi darah adalah menyembuhkan luka

3. Perhatikan diagram proses pembekuan darah di bawah ini 
Hasil gambar untuk diagram proses pembekuan darah
Berdasarkan diagram di atas, X dan Y secara berturut-turut adalah trombokinase/tromboplastin dan protombim

4. Perhatikan gambar di samping!
Fungsi bagian yang dituju oleh tanda panah pada gambar tersebut adalah tempat pertukaran O2 dan CO2

5. Perhatikan kelainan-kelainan atau penyakit berikut

1. Hipertensi      2. Serangan jantung
3. Diabetes         4. Anemia
5. Buta warna     6. Stroke
Berikut merupakan gangguan yang terjadi pada sistem peredaran darah terdapat pada nomor 1,2,4,6

6. Tabel perbedaan pembuluh darah berikut yang benar adalah A
Hasil gambar untuk tabel perbedaan pembuluh darah

7. Berikut ini merupakan jalannya udara pada sistem pernapasan manusia yang benar adalah rongga hidung -faraing-trakea-bronkus-bronkiolus-paru-paru

8. Pernyataan yang benar tentang mekanisme inspirasi adalah diafragma dan otot dada berkontraksi, rongga dada membesar, paru-paru menggembung, dan udara masuk ke paru-paru

9. Apabila kita menarik napas sekuat-kuatnya kemudian mengembuskan sekuat-kuatnya, maka volume yang masuk dan keluar disebut dengan kapasitas vital paru-paru

10. Gangguan pada sistem pernapasan yang disebabkan oleh bakteri Bacillus tuberculosis adalah tuberkolosis (TBC)


B

1. Berikut ini merupakan skema lintasan jalannya air yang masuk ke dalam xylem tumbuhan.
Hasil gambar untuk skema lintasan jalannya air yang masuk ke dalam xylem
Berdasarkan lintasan jalannya air di atas, jelaskan di mana peristiwa osmosis terjadi! Mengapa demikian?
Jawaban : 
Osmosis adalah perpindahan air (zat pelarut) yang melalui membran yang permeabel selektif dari konsentrasi rendah ke konsentrasi tinggi.
Osmosis merupakan suatu fenomena alami, serta menjadi topik yang penting dalam biologi karena fenomena ini dapat menjelaskan mengapa air dapat ditransportasikan ke dalam dan ke luar sel (tumbuhan).
Pertama-tama, air diserap oleh rambut-rambut akar. Kemudian, air masuk ke sel epidermis melalui proses secara osmosis. Selanjutnya, air akan melalui korteks. Dari korteks, air kemudian melalui endodermis dan perisikel. Selanjutnya, air masuk ke jaringan xilem yang berada di akar. Setelah tiba di xilem akar, air akan bergerak ke xilem batang dan ke xilem daun. Berdasarkan lintasan jalannya air di atas, peristiwa osmosis terjadi pada sel epidermis.  

2. Bu Indra pergi ke dokter untuk melakukan pengecekan tekanan darahnya. Setelah dilakukan pengukuran tekanan darah, dokter mengatakan bahwa tekanan darah ibu Indra adalah 110/90. Jelaskan maksud dari hasil pengukuran tekanan darah tersebut! Kaitkan jawabanmu dengan tekanan darah dan kondisi pembuluh darah pada saat itu.
Jawaban :
Nomor atas (110) menunjukkan tekanan ke atas pembuluh arteri akibat denyutan jantung, dan disebut tekanan sistole. Nomor bawah (90) menunjukkan tekanan saat jantung beristirahat di antara pemompaan, dan disebut tekanan diastole.  dari peryataan di atas dokter menyatakan bahwa sistoliknya adalah 110 dan distoliknya adalah 90 bererti Bu Indra mengalami hipertensi(tekanan darah tinggi) 

3. Salah satu fungsi darah adalah mengangkut oksigen dan karbon dioksida. Selain itu, adakah fungsi darah yang lainnya? Jika ada, sebutkanlah fungsi darah yang lain!
Jawaban :
1. Darah berfungsi mengedarkan sari makanan ke seluruh tubuh yang dilakukan oleh plasma darah2. Darah berfungsi mengangkut sisa oksidasi dari sel tubuh untuk dikeluarkan dari tubuh yang dilakukan oleh plasma darah, karbon dioksida dikeluarkan melalui paru-paru, urea dikeluarkan melalui ginjal3. Darah berfungsi dalam mengedarkan hormon yang dikeluarkan oleh kelenjar buntu (endokrin) yang dilakukan oleh plasma darah.4. Darah berfungsi juga untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh yang dilakukan oleh sel-sel darah merah5. Membunuh kuman yang masuk ke dalam tubuh yang dilakukan oleh komponen darah yaitu sel darah putih
6. Darah berfungsi untuk menutup luka yang dilakukan oleh keping-keping darahFungsi Darah7. Darah berfungsi untuk menjaga kestabilan suhu tubuh.

4. Pada saat bernyanyi, penyanyi menggunakan mekanisme menggunakan mekanisme pernapasan tertentu. Mekanisme pernapasan tersebut dipilih karena dianggap menguntungkan terutama dari segi keindahan fisik (tubuh) ketika penyanyi tersebut di atas panggung. Mekanisme pernapasan apa yang dimaksud ? Jelaskan mengapa mekanisme tersebut dipilih!
Jawaban :
Mekanisme yang dimaksud adalah pernafasan perut. Pernafasan perut, selain menggunakan otot diafragma juga menggunakan bantuan otot abdominalis atau otot perut. Dengan bantuan otot perut yang berkontraksi, rongga dada yang terbentuk akan semakin besar dan suara yang dihasilkan semakin kuat. otot perut yang berkontraksi ini yang mungkin juga membuat fisik terlihat indah, karena perut terlihat kecil.

5.  Perhatikan reaksi pengikatan oksigen yang dilakukan oleh hemoglobin di bawah ini!
2Hb      + 2O2      ®      2HbO2
(hemoglobin) (oksigen) (oksihemoglobin)
Jelaskan dari manakah oksigen berasal, sehingga oksigen dapat diikat oleh hemoglobin!
Jawaban : 
Oksigen itu kita dapatkan pada saat kita bernapas. Ketika kita menghirup udara, udara masuk kedalam paru-paru melalui bronkus, lalu bronkiolus, dan yang terakhir alveolus. Pada alveolus inilah terjadi pertukaran gas. pada saat itu darah mengikat oksigen dengan hemoglobin dan melepaskan karbon dioksida dan uap air sebagai hasil sisa metabolisme tubuh. Jadi, oksigen yang kita dapatkan yaitu berasal dari pernapasan yang kita lakukan.







1 komentar: