Minggu, 26 Maret 2017

GELOMBANG TRANVERSAL

GELOMBANG TRANVERSAL

Nama kelompok :
- Abimanyu Mahendra M.M.D
- Dea Chrisnaya
- Salsabila Shofi A.
- Verena Suci K.

A. LANDASAN TEORI

GELOMBANG TRANSVERSAL
Sebuah gerakan gelombang, di mana partikel-partikel medium berosilasi di sekitar posisi rata-rata mereka di sudut kanan ke arah rambat gelombang, disebut gelombang transversal.



Dalam gelombang transversal, media memiliki partikel yang bergetar dalam arah tegak lurus terhadap arah perambatan gelombang. Berikutnya akan berlangsung terbentuk puncak dan lembah. Polarisasi gelombang transversal adalah mungkin.

Gelombang ini dapat merambat melalui benda padat dan cairan tetapi tidak melalui gas, karena gas tidak memiliki sifat elastis. Contoh gelombang ini adalah: getaran dalam dali, riak di permukaan air dan gelombang elektromagnetik.
Dalam gelombang transversal, partikel medium berosilasi dalam arah tegak lurus terhadap arah perambatan seperti yang ditunjukkan pada gambar. Sebagai contoh jika diberikan gelombang tranversal bergerak di arah x maka osilasi akan terjadi pada bidang Y’z.


Gelombang transversal
Partikel dari medium berosilasi dalam arah tegak lurus terhadap arah perambatan
Jadi, selama osilasi mereka, partikel dapat bergerak ke atas atau ke bawah dari bidang yang melewati posisi rata-rata mereka. Titik paling atas gelombang, yaitu, posisi perpindahan positif maksimum adalah puncak dan titik terendah, yaitu posisi perpindahan maksimum disebut lembah. Jadi dalam sebuah gelombang transversal puncak dan lembah muncul bergantian.


B. PRAKTIKUM
Apa yang harus kamu lakukan?
Sediakan slinki, letakkan slinki di atas lantai dan mintalah temanmu untuk memegang salah satu ujung slinki, berilah getaran pada slinkii beberapa kali ke arah samping, coba amati arah rambat gelombangnya.
Ayo Pikirkan
1. Kemanakah arah rambat gelombang?
Jawab : arah rambatnya tegak lurus dengan arah getar.
2. Apakah arah getar dengan arah rambat gelombang tegak lurus?
Jawab : Iya
 

v = jarak/waktu
v = 120 cm/1,42 s
   = 84,5 cm/s

C. LAMPIRAN
 


 

     


Sumber : http://ilmualam.net/pengertian-gelombang-transversal-dan-contohnya.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar